copyright (c) fauzieuy.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 25 Oktober 2010

Fenomena Halo

Sebenernya ni kejadian sekitar 13 hari yang lalu, tanggal 12 oktober 2010 sekitar jam 11.17 WIB, tepatnya di Bandung. Waktu keluar dari kost-an pergi ke warung orang-orang pada rame pada ngeliatin ke langit, saya penasaran tuh, ternyata pas saya lihat mataharinya dikelilingi lingkaran kaya pelangi. Fenomena apakah itu??

Saya belum paham benar tentang fenomena tersebut, fenomena tersebut sudah sering terjadi beda dengan fenomena sun dog atau fenomena matahari kembar yang jarang terjadi.

Waktu kejadian saya langsung ngambil hp ke kost-an, langsung saya foto pake hp nokia 3230 (jadul, kamera 1.3 megapixel). Fotonya ga begitu jelas. langsung ja lihat sob fotonya.




Setelah saya cek fenomena ini disebut halo.

Apa Itu Halo?
Halo disebut juga nimbus, icebow, atau Gloriole) adalah fenomena optikal berupa lingkaran cahaya di sekitar Matahari  dan Bulan, dan kadang-kadang pada sumber cahaya lain seperti lampu penerangan jalan. Ada berbagai macam halo, tapi umumnya halo muncul disebabkan oleh kristal es pada awan cirrus yang dingin yang berada 5–10 km diatas troposfer. Bentuk dan lokasi kristal es menentukan tipe halo apa yang akan terlihat. Cahaya yang dipantulkan pada kristal es dapat terpecah menjadi lebih dari satu warna, sama seperi pada pelangi.

Halo juga kadang-kadang dapat muncul di dekat permukaan bumi, ketika ada kristal es yang disebut debu berlian. Kejadian ini dapat terjadi pada cuaca yang sangat dingin, ketika kristal es terbentuk di dekat permukaan dan memantulkan cahaya.

Halo Matahari akibat Pembiasan Cahaya

Pembiasan Cahaya
Halo yang terlihat melingkari Matahari tersebut sebenarnya merupakan hasil pembelokan cahaya Matahari oleh partikel uap air di atmosfer.“Jadi, pada musim hujan ini partikel uap air ada yang naik hingga tinggi sekali di atmosfer. Partikel air memiliki kemampuan untuk membelokkan atau membiaskan cahaya Matahari. Karena terjadi pada siang hari, saat posisi Matahari sedang tegak lurus terhadap Bumi, maka cahaya yang dibelokkan juga lebih kecil. “Itu sebabnya yang tampak di mata masyarakat yang kebetulan menyaksikannya adalah lingkaran gelap di sekeliling Matahari,” tambahnya.Fenomena itu sebenarnya sama saja dengan proses terbentuknya pelangi pada pagi atau sore hari setelah hujan. Menurut Bambang, lengkungan pelangi sering terlihat di bagian bawah cakrawala karena partikel uap air yang membelokkan cahaya Matahari berkumpul di bagian bawah atmosfer. Di sisi lain, pada pagi atau sore hari Matahari pun masih berada pada sudut yang rendah. “Pada posisi yang miring ini, kemampuan partikel air membiaskan cahaya lebih besar, sehingga warna-warna yang muncul juga lebih lengkap,” jelasnya.Pada siang hari, saat Matahari pada posisi tegak lurus terhadap Bumi, kemampuan pembelokan cahaya menjadi rendah sehingga warna yang terlihat sangat terbatas. “Warnanya terlihat gelap karena pandangan ke arah Matahari juga terhalang debu. Kalau pada pagi hari, saat udara masih bersih, yang tampak adalah warna kemerahan,”

"Ketika kejadian, saya mendengar ada orang yang bilang ngelihat awan berbentuk lafa alqur'an". tapi saya ga begitu jelas melihatnya.



Postingan Terkait Lainnya :


0 komentar:

Terimakasih atas komentar sobat yang baik dan sopan.

Posting Komentar

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP